Timnas Indonesia vs Filipina: Garuda Wajib Menang!

Timnas Indonesia vs Filipina - Strategibola.com
Timnas Indonesia vs Filipina: Garuda Wajib Menang!

Strategibola.com – Timnas Indonesia saat ini sedang berusaha mengejar tiket ke babak ketika Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Zona Asia. Saat ini Skuad garuda menempati posisi kedua di klasemen Grup F dan menyisakan satu laga.

Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB. Indonesia membutuhkan tiga poin untuk mengamankan posisi runner up dari kejaran Vietnam.

Bacaan Lainnya

Pada pertemuan terakhir dengan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia harus puas bermain imbang 1-1. Ketinggalan lebih dulu akibat gol Pattrick Reichelt, Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan dengan gol Saddil Ramdani.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakin timnya bisa lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Ia yakin Garuda bisa menaklukkan Filipina.

Di sisi lain, Filipina memang sudah tidak punya kepentingan dalam laga nanti. Sebab sudah tidak bisa beranjak dari posisi buncit. Meski begitu, Filipina juga tak mau pulang dengan tangan kosong.

“Di grup kita saat ini, memang yang kemungkinan lolos hanya Irak, Vietnam dan Indonesia. Irak sudah lolos, dan Indonesia punya lebih besar peluang lolos ke ronde ketiga dibanding Vietnam, apalagi kita main Home,” kata Shin Tae-yong, Senin 10/6).

Timnas Indonesia sebenarnya bisa cuma meraih hasil imbang dalam laga kontra Filipina sambil berharap Vietnam tidak menang melawan Irak. Namun, bergantung ke tim atau laga lain akan sangat beresiko.

“Saya sudah menganalisis dengan menonton pertandingan Vietnam melawan Filipina. Memang di tempat ini ya saya tidak bisa bicara bagaimana hasil analisis dan bagaimana kami akan mengantisipasinya,” tutur Shin Tae-yong.

“Tetapi, yang penting tidak perlu khawatir karena analisis kami sudah selesai soal tim ini seperti apa,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Tohir mengingatkan Skuad Garuda harus bermain lebih baik saat menghadapi Filipina.

“Saya cuma mau ngingetin lawan Filipina tidak mudah, kalian harus bisa main lebih bagus lagi dari hari ini. Jangan salah-salahan,” kata Erick dalam videonya di media sosial pribadinya.

“Kalian mau tiga poin? Mau ke Piala Dunia? Ayo masih ada kesempatan,” papar Erick Tohir yang di jawab ‘mau’ oleh para pemain.

Erick Tohir juga meminta Timans Indonesia untuk evaluasi. Sebab kekalahan dari Irak kemarin, terdapat faktor-faktor kesalahan sendiri.

“Irak bermain baik, dan kita gagal meraih poin karena gol-gol handsball, serta kesalahan sendiri, lalu ada kartu merah. Oleh karena itu, pelatih dan pemain harus evaluasi karena nasih ada satu peluang saat nanti lawan Filipina,” jelas Erick Tohir.

Erick Tohir memperingatkan Timnas Indonesia untuk tidak memandang remeh Filipina. Menurutnya, Filipina juga sedang berkembang dan mau untuk gigi meski peluang lolos mereka sudah tertutup.

“Peluang lolos ke putaran ketiga memang masih ada. lawan terakhir Filipina nanti tanggal 11 Juni. Mereka tidak seperti dulu dan juga potensi untuk memberi ancaman sebab kita hnaya imbang 1-1 saat bermain tandang,” jelasnya.

“Saya yakin, Filipin yang sekarang berbeda dengan yang dahulu. Ketua umum Filipina Football-nya baru, dan menyampaikan ingin seperti Indonesia. Jadi jangan melihat Filipina sebagai tim yang rendah. Jadi kembali harus evaluasi agar kita lolos ke babak berikut dengan maraih kemenangan,” tegas Erick.

Pelatih Filipina sendiri menganggap jika nanti hasil pertandingan melawan Indonesia berakhir seri maka fantastis. Sementara itu jika Filipina menang, Tom Saintfiet menganggap itu keajaiban.

Tom Saintfiet angat topi kepada Timnas Indonesia. Ia menganggap Skuad Garuda sudah berkembang pesat dalam setahun terakhir.

“Setahun terakhir, Indonesia berkembang pesat. Mereka punya banyak pemain baru dan Skuadnya makin kuat,” katanya saat memberikan keterangan di GBK, senin (10/6).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *